Sabtu, 22 Januari 2022

[PRESS RELEASE INDONESIAN YOUTH FESTIVAL OF SCIENCE (INOVASI) 2021]

 

[PRESS RELEASE INDONESIAN YOUTH FESTIVAL OF SCIENCE (INOVASI) 2021]

Telah dilaksanakan kegiatan Indonesian Youth Festival of Science (INOVASI) yang merupakan kegiatan rutin UKM KPI Unhas setiap tahunnya.Tahun ini INOVASI 2021 mengangkat tema  “Optimalisasi Penerapan Teknologi Digital dalam Hidup Berdampingan dengan COVID-19”.

Rangkaian acara INOVASI 2021 terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa (LKTIS), Lomba Artikel Ilmiah Mahasiswa, Science Expo, Webinar dan Konferensi. Kegiatan mulai dilaksanakan pada tanggal 17 september - 27 November 2021 yang berlangsung secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini di ikuti oleh siswa dan mahasiswa se-Indonesia.

Peserta lkts terdiri dari
46 tim, artikel ilmiah mahasiswa diikuti oleh 14 tim. Selain lomba karya tulis ilmiah, tahun ini inovasi mengadakan Webinar nasional dan konferensi.

Webinar nasional mengangkat tema “Ekonomi Hijau sebagai Solusi Cerdas Pembangunan Berkelanjutan” yang diikuti oleh 228 peserta  yang terdiri dari keluarga besar UKM KPI Unhas dan peserta umum.

Konferensi mengangkat tema "Optimalisasi Penerapan Teknologi dalam Implementasi Ekonomi Hijau." Kegiatan ini di ikuti sebanyak 14 peserta dari delegasi tiap UKM penalaran se-Indonesia dan finalis INOVASI 2021. Peserta konferensi yang turut berpartisipasi ialah delegasi dari Universitas Swadaya, UKM Penalaran dan Riset Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar,  UKMP UNY, UKM Penalaran Penelitian Forum Inovasi Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat, UKM Trans X, dan Inkubator Sains Universitas Sumatera Utara.

Kesimpulan dari konferensi ini menghasilkan beberapa pilihan solusi untuk mengimplementasikan ekonomi hijau dalam kehidupan modern dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi. Pertama, mengembangkan pertanian modern, seperti urban rooftop dan vertikal garden. Kedua, memanfaatkan bank sampah. Ketiga, pemanfaatan aplikasi-aplikasi tenologi untuk mengelola sampah dan sosialisasi menjaga lingkungan.

#JayaPenalaran
#JayaUKMKPIUnhas
#KabinetLentera2021

0 comments:

Posting Komentar