Jumat, 05 November 2021

[PRESS RELEASE WHO’S TO TALK ABOUT CHAPTER FATIMA AL FIHRI : PENDIRI UNIVERSITAS PERTAMA DAN TERTUA]

 

[PRESS RELEASE WHO’S TO TALK ABOUT CHAPTER FATIMA AL FIHRI : PENDIRI UNIVERSITAS PERTAMA DAN TERTUA]

Telah dilaksanakan kegiatan Who's To Talk About Chapter Fatimah Al Fihri : Pendiri Universitas Pertama dan Tertua. Who’s To Talk About merupakan salah satu dari program kerja divisi kajian yang berfokus untuk mengkaji tokoh masyarakat nasional ataupun internasional dengan tujuan untuk memberikan inspirasi dan ide inovatif.

Kegiatan kali ini membahas salah satu tokoh penting di bidang pendidikan yaitu Fatimah Al Fihri : Pendiri Universitas Pertama dan Tertua. Memiliki privilege kekayaan dan pendidikan, tidak membuat sosok fatima lupa akan kepedulian terhadap orang-orang disekitarnya, dengan menggunakan hartanya ia membangun mesjid Al-qarawiyyin yang kemudian bertambah fungsi sebagai tempat pendidikan terkemuka dan menjadi asal usul Universitas pertama dan tertua di dunia. Dalam perjalanan hidupnya, kesulitan menghampiri tidak hanya 1 kali, sepeninggal ayahnya, suami fatima juga ikut meninggal dunia, ia pun mewarisi harta orang tuanya bersama dengan adik perempuannya mariam. Selama proses pembangunan mesjid, dia membuat beberapa keputusan yang membantu memfasilitasi proyek. Untuk memulai, Fatimah menggali sumur untuk para pekerja agar dengan mudah mengakses air dan menggunakannya selama konstruksi. Dia juga menunjukkan semangat besar dalam desain arsitektur bangunan yang rumit dan memanggil para ahli yang bertindak sebagai konsultan. Dikenal hingga hari ini sebagai yang telah mendirikan universitas tertua yang masih beroperasi, yang membuka pintunya pada 857 M, Fatima al-Fihri membantu mengubah Fes menjadi daerah intelektual utama, berbudaya, dan pusat spiritual bagi dunia Muslim serta untuk area Barat yang didominasi Kristen.

Kegiatan  dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2021 yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting. Pada kegiatan Who’s to Talk About kali ini dibawakan oleh Nurfadillah (Staff Div. Kajian 2021) dan dihadiri sebanyak 19 peserta yang merupakan Angkatan IX, X, XI, XII, serta pengurus UKM KPI Unhas periode 2021.

#JayaPenalaran
#JayaUKMKPIUnhas
#KabinetLentera2021

0 comments:

Posting Komentar