Senin, 14 Desember 2020

[PRESS RELEASE: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT]

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Ilmiah! ✊

UKM KPI Unhas telah mengadakan Pemberdayaan Masyatakat di Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros pada tanggal 4 hingga 6 Desember 2020 dengan mengusung tema “Menebar Manfaat dan Menumbuhkan Jiwa Sosial; Masyarakat Berdaya dalam Bingkai UKM KPI Unhas Berkarya pada Era New Normal”. Selama kegiatan berlangsung, terdapat beberapa item acara yang dilaksanakan yaitu, Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati, Edukasi Covid-19 di Pasar, Study Club dan Akkarena untuk anak-anak SD pada Sabtu, 05 Desember 2020 dan Aksi Lingkungan dilaksanakan pada Minggu, 06 Desember 2020.

Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati mendapat sambutan baik dari masyarakat Desa Bonto Manurung karena sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai petani sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi mereka. Masyarakat Desa Bonto Manurung terlihat dari antusia untuk ikut berpartisipasi dalam preparasi bahan yang dibutuhkan. Adapula Edukasi Covid-19 di pasar Desa Bonto Manurung dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya virus penyebab Covid -19 sehingga perlu adanya pencegahan, untuk itu dilakukan pula pembagian masker dan hand sanitizer kepada pedagang dan masyarakat yang hadir. Study club dilaksanakan guna membangkitkan semangat belajar siswa SD yang selama pandemi semangatnya berkurang. Selain study club , dilaksanakan pula Akkarena berupa games dan lomba-lomba menarik dan edukatif untuk anak-anak yang melatih ketangkasan, kerja sama tim, dan kreativitas.

Kegiatan Pemberdayaan Masyatakat diakhiri dengan aksi lingkungan berupa penanaman pohon dan kerja bakti di sekitar destinasi wisata air terjun Pumbunga Desa Bonto Manurung. Sebanyak 500 pohon disediakan untuk penghijauan, 100 pohon Jati Putih dan 100 pohon Salam ditanam disepanjang jalan yang baru dibuka menuju air terjun Pungbunga sementara 300 pohon lainnya diberikan kepada masyarakat desa Bonto Manurung. Dari kerja bakti yang dilakukan, terkumpul tiga kantong sampah plastik yang diisi oleh sampah-sampah yang berserakan disekitaran air terjun, hal ini dikarenakan belum adanya tempat sampah yang disediakan sehingga kami berinisiatif untuk membuat tempat sampah yang ditempatkan di sekitar air terjun.

#JayaPenalaran
#JayaUKMKPIUnhas
#PemberdayaanMasyarakat

0 comments:

Posting Komentar