Jumat, 06 November 2020

[BERBAGI DAN BERCERITA EDISI OKTOBER 2020]

 

Berbagi dan Bercerita ketujuh dilaksanakan pada hari Jumat, 30 Oktober 2020 pukul 16.20 sampai 17.45 WITA melalui aplikasi Zoom. Ada 2 pengurus yang membagikan hasil bacaannya, di antaranya Siti Nur Azizah Fitriani Akbar (Koordinator Divisi Kajian) dan Adelvia (Koordinator Divisi Penelitian). Moderator pada kegiatan ini adalah Sri Fatimah Azzahra (Staf Divisi Kajian). 

Pada sesi pertama, moderator mempersilakan peserta pertama, Azizah untuk mengulas hasil bacaannya terhadap buku ' Deep Learning' yang diterbitkan oleh MIT Press. Azizah ulasan pada bab 4 buku tersebut yang membahas Convolutional Neural Network (CNN). Ini merupakan algoritma yang biasa digunakan pada Computer Vision, bidang ilmiah interdisipliner yang membahas bagaimana komputer dapat memahami pemahaman tingkat tinggi dari gambar atau video digital. Computer Vision juga dibahas dari segi pengaplikasiannya pada teknologi yang kerap digunakan sehari-hari, seperti kamera CCTV, mobil pintar , filter Instagram, otentikfikasi wajah pada pengaman aplikasi, dan sebagainya. 

Convolutional Neural Network (CNN) diulas singkat pada sesi Berbagi dan Bercerita ini. Secara garis besar, ada dua proses yang terjadi di CNN yaitu ekstraksi fitur dan klasifikasi. Ekstraksi fitur merupakan proses di mana komputer belajar untuk memahami ciri-ciri atau fitur-fitur spesifik dari gambar, ada dua proses dalam esktraksi fitur, yaitu konvolusi dan pooling. Sedangkan, pada proses klasifikasi, komputer belajar untuk mengklasifikasikan gambar, apakah cocok dengan ciri-ciri gambar yang dikenali oleh komputer atau tidak. Ini dapat dimanfaatkan untuk penyelesaian berbagai masalah, salah satunya dalam mengatasi pandemi COVID-19. Misalnya, dengan mengklasifikasikan citra paru-paru yang terinfeksi COVID-19, orang yang memakai masker dengan tidak, menghitung jumlah orang di kerumunan, dsb.

Pada sesi kedua, moderator mempersilakan peserta kedua, Adelvia untuk berbagi buku yang terkait ' Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis' . Buku ini merupakan karya Paulo Coelho yang bercerita tentang tokoh - tokoh yang menggambarkan tentang konflik - konflik yang kita hadapi dalam perjalanan mencari cinta. Ada legenda bahwa segala sesuatu yang jatuh ke sungai piedra ini akan berubah menjadi batu yang membentuk dasar sungai. Tokoh dalam novel berpikir “Kalau saja aku dapat mengeluarkan hatiku dan terapkannya ke arus, maka kepedihan dan rinduku akan berakhir, dan akhirnya aku melupakan semuanya”.

Pilar adalah seorang mahasiswi yang jenuh akan kehidupannya yang terus terulang biasa saja. Pada suatu hari ia diundang oleh laki-laki yang diundang oleh itu untuk mengadakan khutbah nya di Madrid. Pertemuan itu berlanjut menuju perjalanan panjang tentang kepercayaan yang mereka anut, dan tentang sebuah petualangan cinta. 

Pilar dan lelaki itu dihadapkan pada konflik. Pilar, menyenangkan hatinya dan mengedepankan logika. Sedangkan si lelaki, diharuskan memilih, melanjutkan kehidupan religiusnya atau memilih hidup normal dengan wanita yang sejak lama ia cintai. Masing-masingnya hanya mencoba mengikuti, bagaimana takdir mengantarkan. 

Konflik lain dalam novel ini jelas terasa oleh dua tokoh utama. Pilar adalah seorang yang telah lama meninggalkan agamanya, sedangkan si laki-laki adalah orang yang akan membawa pembaruan bagi agamanya. 

Cinta tidak pernah membuat kita menderita, karena seperti Coelho bilang “.. dalam setiap cinta ada benih pertumbuhan diri. Semakin kita mencinta, semakin kita dekat pada pengalaman spiritual . ” 

Cinta sejati adalah penyerahan diri seutuhnya. Mencintai adalah melebur dengan orang yang kita cintai dan menemukan percikan Tuhan di dalam dirinya . ”  

Pada setiap sesi, peserta yang ada di ruang diskusiakan untuk memberi pertanyaan terkait buku yang telah diulas untuk memantik diskusi.Di akhir kegiatan Berbagi dan Bercerita, moderator beri tahu dan motivasi untuk terus membaca buku dan pelajaran yang telah didapatkan kepada orang lain. Berbagi dan Bercerita ini adalah salah satu wadahnya.

0 comments:

Posting Komentar