Sabtu, 12 September 2020

[TULISAN PASCA BERBAGI DAN BERCERITA EDISI AGUSTUS 2020]

 



Berbagi dan Bercerita kelima dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020 pukul 16.20 WITA sampai 17.00 WITA via Zoom. Pemateri pada Berbagi dan Bercerita kali ini adalah Armila Ansarullah dari Divisi Kajian UKM KPI Unhas. Buku self help Muslimah berjudul “Kun Anta” menjadi topik perbincangan pada kegiatan ini.

Buku “Kun Anta” yang bergenre non fiksi remaja ini ditulis oleh orang dibalik akun Instagram @NegeriAkhirat. Buku ini menginspirasi wanita-wanita Muslimah dan membantu menjadi lebih baik lagi. Buku ini sangat menarik dibaca dengan background yang sangat unik. Memaparkan bagaimana sebenarnya Muslim agar itu dan bagaimana definisi cantik di dalam Islam, tentang bagaimana mempercantik hati agar cantik itu nampak pula dari luar.

“Kun Anta” juga menceritakan kisah wanita-wanita yang mendapat hidayah dan melangkah mendekati Sang Pencipta dengan menjadi wanita-wanita soleha. Ada beberapa cerita dalam buku ini. Salah satunya cerita berjudul “Cantik Jadi Diri Sendiri” yang berkisah tentang seorang perempuan berumur 16 tahun kelas 1 SMA yang bergaul dengan teman-teman barunya. Hal ini membuat dirinya berubah, dari yang awalnya selalu pulang sebelum malam, kini ia pulang larut malam, bergaul bersama laki-laki, dan nongkrong bersama.

Namanya Karin. Saat ia nongkrong bersama dengan teman-teman barunya, hanya ia saja yang menggunakan hijab, yang lainnya tidak. Ini membuat Karin sering diejek oleh teman-temannya. Bahkan, ada seorang teman yang mengatainya, “Bu Ustadzah nyasar”. Sebenarnya, ia sakit hati tetapi ia bersabar terhadap perlakuan temannya. Ia bergaul dengan temannya, Yuka sehingga menjadi sering pergi ke Salon. Karin juga mulai memakai make up agar dipuji dan tidak dikatakan cupu, dan tidak merasa terasing. Pada suatu hari, Karin diingatkan teman-temannya sampai ia sadar bahwa apa yang dilakukannya adalah kesalahan. Melakukan sesuatu demi memperoleh pujian manusia adalah kesia-siaan.  

Banyak cerita menarik lainnya di dalam buku ini. “Kun Anta” adalah buku yang bagus bagi wanita muslim agar dapat menjadi muslimah yang lebih baik. Selain membahas perihal menjadi versi terbaik dari diri sendiri dan kecantikan menurut Islam, ada beberapa pembelajaran terkait hadis yang sangat menarik.

Salah satu di antaranya, yaitu dari Abdullah Ibnu Mas’ud, Rasulullah saw. Bersabda, “Maukah kalian aku beritahu siapa orang yang tidak akan masuk neraka?” “Siapa, Ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab. “Neraka itu diharamkan pada orang yang punya 4 sifat, yaitu Hayyin, (tenang, tidak gampang panik, santai), Layyin (bersikap lemah lembut), Qoribin (gampang dekat dengan orang lain), dan Sahlun (Santai, easy going, tidak ambil ribet, tidak dendam kepada orang lain)”. Selain mendorong pembaca untuk berdamai dengan diri sendiri, buku ini juga mengarahkan pembaca untuk bersikap baik kepada orang lain.

0 comments:

Posting Komentar