Sabtu, 22 Agustus 2020

[TULISAN PASCA BERBAGI DAN BERCERITA EDISI APRIL]

 

Berbagi dan Bercerita UKM KPI Unhas Edisi April 2020
Berbagi dan Bercerita Kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 26 April pukul 14.20 sampai 15.30 WITA via aplikasi Jitsi. Terdapat 5 pengurus yang membagikan hasil bacaannya, di antaranya Fathir (Staf Divisi PSDM), Suci Sriwulandari (Staf Divisi Humas dan Jaringan), Syamsumarlin (Staf Divisi Penelitian), Siti Nur Azizah Fitriani Akbar (Staf Divisi Kajian), dan Nur Khafifah M (Staf Divisi Menfo). Moderator pada kegiatan ini adalah Suci Anggani (Staf Divis Kajian).

Pada sesi pertama, moderator mempersilakan peserta pertama, Fathir untuk membagikan hasil bacaannya terhadap buku “A Beautiful Mind”. Buku ini merupakan biografi dari John Nash, seorang jenius penerima nobel yang menderita skizofrenia. Ia mengembangkan Teori keseimbangan Nash (The Nash Equilibrum), yang berkaitan erat dengan teori permainan (game theory). Karya inilah yang membawanya pada penghargaan nobel di tahun 1994. Pencapaian yang luar biasa itu juga beriringan dengan perjuangan Nash untuk sembuh dari skizofrenia yang dideritanya.

Selanjutnya, peserta kedua BBC kali ini, Suci Sriwulandari mengulas novel “Michel Strogoff”.  Novel ini adalah salah satu karya sastra yang berbahasa Prancis yang ditulis oleh seseorang yang dijuluki bapak fiksi dunia yaitu Jules Verne. Selain itu, novel sastra sejarah ini yang sangat berbeda dengan karya-karya Jules Verne lainnya sehingga novel ini dianggap istimewa.  Setelah membaca novel ini, Suci dapat menyimpulkan bahwa isinya sangat kental dengan unsur heroisme karena seorang tokoh utama dalam novel ini sangat berjuang untuk mencapai tujuannya bak seorang pahlawan.

Novel ini sangat menarik untuk dibaca karena dapat menginspirasi kehidupan terutama dalam hal pantang menyerah dalam mencapai tujuan. Apalagi sangat jarang orang yang memiliki sifat ini. Heroisme sendiri sejatinya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki sifat rela berkorban, berani, dsb.  Tentu heroisme bukan hanya tentang keberanian dalam membela setiap hal yang dianggap benar, namun tentang bagaimana unsur-unsur heroisme itu sendiri membentuk kepribadian seseorang. Sehingga mereka yang memiliki sifat ini akan senantiasa melakukan setiap hal yang dianggapnya baik demi oranglain walaupun harus mengorbankan diri sendiri.

Setelah itu, Syamsumarlin sebagai peserta ketiga membagikan hasil bacaannya tentang buku “How to Be A Great Leader : Meniru Seni Kepemimpinan Rasulullah dari Teori Hingga Praktek”. Buku How to Be A Great Leader adalah buku yang ditulis oleh Shoni Rahmatullah Amrozi yang diterbitkan oleh penerbit Safitrah pada tahun 2016. Buku ini berisi bagaimana cara menjadi pemimpin yang visioner, kompeten dan berintegrasi tinggi dengan meneladani sifat kepemimpinan Rasulullah SAW. Didalam buku ini dikupas tuntas mengenai beragam teori, ragam dan model kepemimpinan serta sifat fundamental yang dimiliki Rasulullah SAW. diantaranya empat sifat fundamental yaitu siddiq, amanah, tabligh dan fatanah. Selain itu, buku ini juga mengulas secara detail beragam prinsip kepemimpinan belau seperti prinsip tauhid, syurah dan berbagai prinsip lainnya. Buku ini ditulis dengan tutur kata dan gaya bahasa yang menarik sehingga mudah untuk dipahami.

Selanjutnya, peserta keempat BBC kali ini, Azizah membagikan hasil bacaannya tentang buku “Problem Solving 101 : A Simple Book for Smart People” dari Ken Watanabe. Buku ini merupakan panduan sederhana menyelesaikan masalah yang ditulis oleh mantan konsultan di Mc Kinsey, salah satu perusahaan konsultan terbesar di dunia. Buku ini menyajikan tools penyelesaian masalah yang simpel tapi worth it untuk diterapkan, seperti Yes/No Tree, Logic Tree, Problem Solving Design Plan, Impact Versus Ease of Implementation, dan masih banyak lagi.

Awalnya, Ken Watanabe resah karena sistem pendidikan di Jepang terfokus pada ingatan atau memori. Padahal, sebagai konsultan, ia menyadari pentingnya sistem pendidikan berbasis problem solving. Oleh karena itu, ia keluar dari Mc Kinsey untuk fokus menulis buku ini. Ken Watanabe ingin berkontribusi demi sistem pendidikan Jepang yang lebih baik. Buku ini pun terbit pada tahun 2007 dan menjadi best seller di Jepang. Bahkan, buku “Problem Solving 101 : A Simple Book for Smart People” juga banyak dibaca oleh kalangan pebisnis di seluruh dunia.

Dalam buku ini, Ken Watanabe menjelaskan ada empat kunci penyelesaian masalah secara garis besar. Pertama, memahami situasi saat ini. Jika kita tidak mengetahui apakah sesuatu merupakan masalah, bagaimana menyelesaikannya? Kedua, identifikasi akar permasalahan. Setelah mengetahui kalau ada masalah, kita dapat mengidentifikasi akar permasalahan dengan berbagai cara dan metode. Misalnya, dengan melakukan survei, wawancara, atau focus grup discussion (FGD). Ketiga, membangun solusi dari akar permasalahan yang telah teridentifikasi. Keempat, eksekusi solusi tersebut.

Buku ini sangat direkomendasikan sebagai salah satu panduan dalam menyelesaikan masalah, baik skala kecil maupun besar, masalah pribadi maupun yang melibatkan banyak orang di dalamnya. Studi kasus penyelesaian masalah yang dikemas dalam beberapa cerita adalah magnet dari buku ini.  Buku dari Ken Watanabe ini juga memberi inspirasi bahwa sebuah buku dapat membawa perubahan yang signifikan, mulai dari sistem pendidikan hingga penyelesaian masalah bisnis banyak perusahaan di dunia.

Selanjutnya, peserta terakhir, Ifa berbagi tentang  Homo Deus-A brief history of tomorrow, yang merupakan buku sekuel dari Sapiens-a brief history of human kind, yang ditulis oleh Prof. Yuval Noah Harari. Buku ini membahas mengenai agenda besar umat manusia yang memadukan sains, sejarah, dan filsafat. Adapun ketiga agenda besar umat manusia di masa depan adalah kebahagiaan, keabadian, dan keilahian.

Pada setiap sesi, peserta yang ada di room dipersilakan untuk memberi pertanyaan terkait buku yang telah diulas. Di akhir kegiatan Berbagi dan Bercerita, moderator memberi kesimpulan dan motivasi untuk terus membaca buku dan membagikan pelajaran yang telah didapatkan kepada orang lain. Tentunya, Berbagi dan Bercerita ini adalah salah satu wadahnya.
 

0 comments:

Posting Komentar