Postingan

MENYOAL KULIAH KERJA NYATA


Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui serangkaian program yang dirancang untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat.  Program yang dilaksanakan tiap perguruan tinggi berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKN.Program yang dirancang dapat terbagi menjadi program umum seperti peringatan hari besar, dan program khusus yang terkait tema besar suatu tim KKN. Beberapa tema khusus KKN antara lain seperti pendidikan, pariwisata, sumber daya alam, dan peduli bencana.KKN peduli bencana merupakan salah satu bentuk tanggapan dari kalangan perguruan tinggi terhadap bencana yang sedang terjadi, tema yang diangkat seperti kebencanaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Manfaat bagi mahasiswa yakni memberikan pengelaman belajar dan bekerja kepada para mahasiswa tentang penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi di luar kampus, melatih para mahasiswa agar lebih terampil dalam memecahkan masalah yang ada di dalam masyarakat agar dapat mampu memberdayakan masyarakat desa itu sendiri, mendalami penghayatan mahasiswa terhadap manfaat ilmu pengetahuan yang dipelajari bagi pelaksanaan pembangunan. melalui pengelaman belajar dan bekerja dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat secara langsung, akan menumbuhkan sifat profesional pada diri mahasiswa. mengdalami dan menghayati adanya hubungan ketergantungan dan keterkaitan kerjasama antar sektor.

Namun banyak anggapan saat ini mengangap KKN sudah tidak efektif lagi, KKN tujuanya mengabdi pada masyarakat yang tinggal di pelosok. Dahulu  sangat wajar mahasiswa sebagai agen perubahan “terjun” membagikan ilmunya untuk membangun daerah yang tertinggal. Kalau sekarang, persebaran informasi udah berkembang pesat. Asal punya alat telekomunikasi dan akses internet, orang sudah bisa belajar. Desa-desa sekarang pun sudah banyak jaringan internetnya.

Pendapat lain mengungkapkan bahwa KKN sebagai ajang yang sangat bermanfaat, KKN melatih diri  menjadi pribadi yang mandiri dan kritis dengan survival chance yang jauh lebih sulit dibanding di perkotaan atau tinggal bersama orang lain. serta belajar banyak bagaimana caranya beradaptasi dalam lingkungan yang baru, baik dengan belajar tinggal bersama masyarakat desa ataupun dengan teman-teman seuniversitas yang tidak pernah di kenal sebelumnya.

Tetapi apapun itu selama KKN dianggap oleh pribadi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian, ikhlas mengabdikan diri demi masyarakat maka selama itu pulalah mahasiswa KKN akan sangat diharapkan kehadirannya di tengah tengah masyarakat.

- Divisi Kajian UKM KPI Unhas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by Divisi Media dan Informasi UKM KPI UNHAS and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2018

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.