Postingan

[WORKSHOP PKM 5 BIDANG] Gerakan 1001 Program Kreativitas Mahasiswa Unhas Merahkan PIMNAS 2017


UKM KPI Unhas bekerjasama dengan 9 Lembaga Penalaran dan  Penelitian se-Universitas Hasanuddin, yakni: : 1) HIMAPSI FK-Unhas; 2) MYRC FK-Unhas 3) Nurse Research Club HIMIKA FK-UH; 4) BEM FKG-UH; 5) Intelegensius Fmipa Unhas; 6) MPN-Sains Fmipa Unhas; 7) SC Locus Fmipa Unhas; 8) UKM Fosil Fapet-UH dan 9) KEPIK Unhas mengadakan kegiatan Workshop PKM 5 Bidang. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari acara Tudang Sipulung KPI Cooperation yang diadakan pada 6 september 2016 yang lalu. 

Mengangkat tema "Gerakan 1001 Program Kreativitas Mahasiswa Unhas Merahkan PIMNAS 2017”. Kegiatan Workshop PKM ini bertujuan memberikan pemahaman cara-cara menggali ide kreatif, teknik menulis PKM yang berkualitas, dan memotivasi mahasiswa Unhas untuk menulis proposal penelitian. Selain itu, memperhatikan minat mahasiswa menulis proposal PKM dirasa perlu dikembangakan, guna menumbuhkan  kreativitas serta daya kompetisi karya tulis mahasiswa Unhas  di ranah nasional. UKM KPI Unhas dan 9 Lembaga Penalaran dan Penelitian se-Unhas pun memiliki  keinginan yang sama yaitu untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa Unhas.

Kegaiatan workshop PKM ini dilaksanakan hari Ahad, 18 September 2016 bertempat di Gedung Science Building Fakultas MIPA Unhas dan dibuka oleh sambutan dari perwakilan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, bapak Prof. Dr.Supratman, S.Hut., MP (Direktur Minat, Bakat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Unhas). Kegaiatan ini berlangsung sejak pukul 09.00-14.00 WITA dan dihadiri oleh sekitar 216 peserta dari berbagai fakultas di Unhas dan juga ada sekitar 30 orang peserta yang terdaftar dari kampus di luar Unhas. Jumlah tersebut telah melampaui target dari panitia yaitu 150 orang peserta. Padahal publikasi kegiatan ini hanya berlangsung 3 hari terhitung pada hari kamis sejak diseberluaskannya informasi kegiatan Workshop PKM 5 Bidang ini.



Kegiatan ini terdiri dari tiga sesi dengan menghadirkan beberapa pembicara yang berkompeten di bidang penulisan ilmiah dan perwakilan mahasiswa Unhas yang berhasil menjadi finalis pada Pimnas ke-29 tahun 2016 di IPB. Bapak Dr. Sulfahri S.Si, M.Si (Dosen Biologi Fakultas MIPA Unhas) menjadi pembicara pada sesi pertama dengan materi Gali Ide. Pada sesi ini diharapkan peserta dapat termotivasi untuk mulai menulis PKM dan merancang kerangka berfikir yang kreatif dan tidak biasa sebelum membuat sebuah PKM. Sesi kedua adalah Pengenalan PKM 5 Bidang (Penelitian, Penerapan Teknologi, Kewirausahaan, Pengabdian Masyarakat dan Karsa cipta)  dan sebagai pembicaranya adalah ibu Prof. Dr. Rr. Sri Rachma Aprilita Bugiwati, M.Sc, P.hD (Guru Besar Fakultas Peternakan Unhas). Pada Sesi kedua ini diharapkan setelah peserta termotivasi untuk menulis, peserta juga mengetahui teknik penulisan PKM agar dapat lolos dalam Pekan ilmiah nasional atau lomba-lomba penulisan ilmiah lainnya. Pada sesi ketiga, merupakan sharing pengalaman oleh Tim PKM-P Pimnas Unhas 2016, Emilia Utomo, beserta anggota timnya dan Tim PKM-KC Pimnas Unhas 2016, Ahmad Sahwawi, beserta anggota timnya. Sesi ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kondisi lapangan ketika mengirimkan usulan PKM. 

Kegiatan workshop PKM ini dapat dikatakan sukses, melihat antusias peserta yang tinggi terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini pula, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi para peserta khususnya dalam penulisan PKM. Suksesnya kegiatan workshop PKM ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara UKM KPI Unhas dan 9 Lembaga Penalaran dan Penelitian Se-Unhas. Kegiatan ini menjadi sebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, tiap lembaga yang bekerjasama akan memonitoring mahasiswa di fakultas masing-masing dalam membuat PKM 5 Bidang sampai mengunggah ke website Dikti untuk sama-sama menyerahkan hardcopy hasil karya PKM 5 Bidang yang telah dibuat kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas. Output dari kegiatan Workshop PKM 5 Bidang ini adalah semakin banyak mahasiswa Unhas yang mengunggah  proposal PKM 5 Bidang dan Unhas mampu memerahkan PIMNAS 2017 dengan meloloskan banyak proposal dan menjadi juara pimnas berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.