Postingan

INOVASI 2016, Hari Pertama dan Kedua


INOVASI (Indonesian Youth Festival of Science) 2016 merupakan salah satu event tahunan UKM KPI (Keilmuan dan Penalaran Ilmiah) Unhas yang terdiri dari beberapa item acara yakni lomba karya tulis mahasiswa (LKTM) dan lomba karya tulis siswa (LKTS), INOVASI conference, pameran poster, seminar nasional, dan pesta komunitas pendidikan. INOVASI 2016 sendiri dilaksanakan mulai 27 Oktober sampai 30 Oktober 2016. Peserta untuk LKTM dan LKTS, INOVASI conference, dan pameran poster berasal dari berbagai universitas di Indonesia dan SMA se-Sulawesi yang melalui proses seleksi berkas karya. Sedangkan seminar nasional INOVASI sendiri dibuka untuk umum begitu pula pesta komunitas pendidikan yang diramaikan oleh belasan komunitas pendidikan yang dirangkaikan setelah acara seminar nasional.



Hari pertama kegiatan INOVASI dimulai dengan registrasi finalis LKTM dan LKTS yang kemudian dilanjutkan dengan fieldtrip. Rute fieldtrip sendiri adalah Benteng Rotterdam, pusat oleh-oleh, serta Pantai Losari. Selanjutnya rombongan bergerak menuju rumah jabatan Wakil Walikota Makassar, Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si untuk menghadiri welcoming dinner bersama Wakil Walikota Makassar. Welcoming dinner turut pula dihadiri oleh Dewan Pakar, Dewan Konsultatif, Pengurus, serta anggota UKM KPI Unhas. Wakil Walikota Makassar sendiri dalam pidatonya menyambut kedatangan finalis INOVASI dan mengapresiasi kegiatan INOVASI 2016.



Techinal meeting conference menjadi kegiatan pertama di hari kedua INOVASI. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan resmi INOVASI 2016 oleh Wakil Rektor III Universitas Hasanuddin, Dr. Ir. Abd. Rasyid Jalil, M.Si di Gedung Pertemuan Ilmiah Universitas Hasanuddin. Item acara berikutnya ialah INOVASI conference, para finalis telah dikelompokkan menjadi beberapa kelompok mewakili setiap provinsi di Indonesia. Setiap delegasi provinsi diberikan dua topik yakni pendidikan non  formal dan budaya patriarki untuk ditentukan berdasarkan urgensi topik tersebut. Dipilihlah topik pendidikan non formal sebagai kesepakatan dari delegasi setiap provinsi (peserta conference). Peserta conference kemudian diberikan kesempatan oleh presidium conference untuk mengutarakan dan menyanggah pendapat yang kemudian dilanjutkan pemberian rekomendasi mengenai topik tersebut. Setelah itu presidium conference merangkum rekomendasi menjadi deklarasi yang kemudian ditanda tangani oleh perwakilan setiap pulau yakni Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua. Kegiatan hari ini ditutup dengan technical meeting untuk presentase karya tulis mahasiswa dan siswa serta pameran poster yang akan dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.