Postingan

Bincang-Bincang PKM 5 Bidang Bersama Prof. Dr. Supratman, S.Hut. MP (Direktur Minat, Bakat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Unhas)




MAKASSAR, 14/10/2016. Setelah sukses menyelenggarakan Workshop PKM 5 Bidang Bersama Lembaga Penalaran Se-Unhas. KPI Cooperation berlanjut ke acara bincang-bincang PKM 5 Bidang bersama Prof. Dr. Supratman, S.Hut. MP (Direktur Minat, Bakat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Unhas). Acara ini merupakan permintaan langsung dari Prof. Supratman pada saat memberikan sambutan dalam kegiatan Workshop PKM 5 Bidang, 18 September 2016 lalu. Prof Supratman meminta agar kegiatan serupa dilanjutkan dalam suatu bincang-bincang atau sharing terkait dengan upaya menyukseskan Gerakan 1001 PKM Unhas.

Menindaklanjuti permintaan Prof. Suprtaman diadakanlah Acara Bincang-Bincang PKM 5 Bidang tersebut pada Jumat, 14 Oktober 2016 bertempat di Ruang Forbes Lt. 2 Gedung PKM I Universitas Hasanuddin. Acara ini seharusnya terselenggara pukul 16.00 WITA, akan tetapi berhubung Pihak Kemahasiswaan sedang mengadakan rapat, maka acara bincang-bincang ini diundur hingga pukul 17.00 WITA. Meskipun acara harus molor selama satu jam, hal tersebut tidak mengurangi antusiasme lembaga penalaran se-Unhas untuk saling berbagi pengalaman dan progres pembuatan PKM di masing-masing fakultas.

Setelah mengisi kurang lebih satu jam untuk sharing bersama lembaga penalaran Se-Unhas. Acara inti yang ditunggu-tunggu, yakni, sharing dengan pihak kemahasiswaan akhirnya bisa dimulai. Acara pun menjadi lebih spesial karena Prof. Supratman tidak hadir sendirian pada acara tersebut, beliau juga mengajak hadir Bapak Abdul Mollah Jaya, SP, M.Si, (Dosen Fakultas Pertanian Unhas) dan Bapak Dr. Sulfahry, S.Si, M.Si. (Dosen Biologi Fakultas MIPA Unhas). Beliau-beliau bersama Prof. Supratman adalah rombongan Tim Khusus yang dibentuk Kemahasiswaan Unhas untuk studi banding pengembangan penalaran terkait Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di UGM. Hal ini tentu menjadi  momen yang tepat untuk membahas program dan  upaya-upaya untuk mendongkrak prestasi mahasiswa di bidang penalaran, dan diharapkan Unhas dapat berkontribusi maksimal dalam penyelenggaraan PIMNAS pada tahun 2017.

Dalam kesempatan bincang-bicang itu Prof. Supratman membahas terkait Program-Program Unggulan  Kemahasiswaan untuk menyukseskan Gerakan PKM 5 Bidang di Unhas, diantaranya: Pertama, Pihak Kemahasiswaan sedang membentuk PKM Corner di bawa Perpustakaan Pusat, tujuannya untuk memberikan bantuan teknis penyusunan, pengunggahan, review karya, dan follow up karya PKM oleh mahasiswa. Kedua, Pihak Kemahasiswaan juga membentuk tim khusus di tiap fakultas untuk membentuk klinik PKM. Dan Ketiga, reward bagi PKM yang lolos PIMNAS akan diberangkatkan mengikuti student exchange ke luar negeri bersama dosen pembimbinganya. Selain itu, Prof. Supratman juga meminta kepada lembaga penalaran se-Unhas untuk membantu pihak kemahasiswaan dalam hal membuat list karya PKM tiap lembaga dan bersedia menjadi volunteer untuk membantu konsultasi karya PKM di PKM Corner.

Dalam kesempatan tersebut, juga turut memberikan pemahaman dan masukan-masukan terkait PKM 5 Bidang adalah Bapak, Abdul Mollah Jaya, SP, M.Si, Beliau banyak memberikan rmotivasi untuk membuat PKM, cara mengetahui teknik penulisan PKM agar dapat lolos PIMNAS atau lomba-lomba penulisan ilmiah lainnya. Beliau juga menekankan terkait PKM yang dibuat seyogyanya menghasilkan output PKM yang berkualitas. Bapak Dr. Sulfahry, S.Si, M.Si dalam kesempatan itu juga memberikan motivasi untuk mulai menulis PKM dan merancang kerangka berfikir yang kreatif dan tidak biasa sebelum membuat sebuah PKM. Beliau juga menambahkan bahwa akan dimasifkan informasi terkait publisitas pembuatan PKM melalui Baliho dan pamflet-pamflet yang akan disebarkan di titik-titik keramaian kampus dan tiap fakultas.

Melalui Acara Bincang-Bincang PKM 5 bidang ini, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi pembuatan PKM di masing-masing fakultas. Dari beberapa partisipan lembaga penalaran, diketahui bahwa tiap lembaga penalaran seperti MYRC FK Unhas, NRC Himika FK-Unhas, Crtiis FF-Unhas, MPN-Sains Unhas, Fire-C Fisipol Unhas, PSC Himapsi FK Unhas, Senat FEB sedang menggencarkan PKM 5 Bidang di Fakultas masing-masing dengan berbagai program pembuatan tim dan mekanisme follow-up yang dimaksimalkan. Kegiatan ini menjadi sebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Output dari kegiatan KPI Cooperation dalam Bincang-Bincang PKM 5 bidang ini ini adalah semakin banyak mahasiswa Unhas yang mengunggah  proposal PKM 5 Bidang dan Unhas mampu menghasilkan output karya yang berkualitas sehingga mampu mendongkrak nama almamater dalam ajang PIMNAS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.