Postingan

TALKSHOW WELCOME TO THE RED CAMPUS

“TALKSHOW WELCOME TO THE RED CAMPUS” Dare to share & Be a future fighter: Dare to Share & be a future fighter, Bincang-Bincang Kupas Tuntas Rahasia Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Selamat datang di kampus merah, selamat datang di kampus kebanggaan kita semua!
Tahun 2016 menjadi tahun yang sangat membanggakan untuk seluruh civitas akademika universitas hasanuddin, beberapa waktu yang lalu Unhas diumumkan oleh Kemenristek Dikti menjadi kampus terbaik ke-8 se Indonesia sekaligus melanjutkan kedigdayaannya di Indonesia bagian timur. Tentunya pencapaian ini bukanlah sesuatu yang diraih dengan mudah, kerja keras dari seluruh elemen yang ada di dalamnya telah membuahkan hasil yang sangat membanggakan, tak terkecuali peran mahasiswa yang menjadi sentral penilaian akan kesuksesan sebuah kampus. Pencapaian mahasiswa menjadi aspek penting dalam menentukan sebuah peringkat lembaga pendidikan tinggi, Unhas telah menjadi wadah pengembangan diri mahasiswa yang terbukti mampu mengangkat prestasi-prestasi individu dan kelompok. 

Pada hari minggu tanggal 4 september 2016, UKM KPI Unhas menggelar event talkshow dengan background theme utamanya adalah “Welcome to the red campus” dengan subtema ‘Dare to Share & be a future fighter, Bincang-Bincang Kupas Tuntas Rahasia Menjadi Mahasiswa Berprestasi’. Tema ini selaras dengan pencapaian Unhas bahwa kampus ini penuh dengan mahasiswa-mahasiswa dengan pencapaian yang luar biasa. Dengan latarbelakang tersebut, UKM KPI Unhas sepakat untuk mengangkat tema talkshow yang berkenan dengan prestasi mahasiswa, prestasi Unhas juga.
Acara ini dimulai pada puku 9.30 pagi, dan di awali oleh laporan ketua panitia Afif Fauzan Muslim dan setelahnya dibuka secara resmi oleh ketua umum UKM KPI Unhas, Kanda Husnul Hidayah. Event kali ini terbagi menjadi 2 sesi, yang pertama adalah sesi mengenai mahasiswa berprestasi kemudian sesi kedua adalah mengenai beasiswa yang bisa diraih selama perkuliahan. Sesi pertama, speakers nya berjumlah 3 orang yakni Saifullah Masdar ( Mawapres Pertanian 2015) , Arifuddin Jamil ( Winner YSEALI trip to USA) dan Azizul Hakim (Awardee Young Leadership Program 3 Bulan di Amerika Serikat Tahun 2016). Talkshow dimulai dengan sebaris pertanyaan dari moderator Nani Rahayu (duta Genre) kepada Azizul Hakim mengenai awal hingga beliau mampu mengunjungi negara adigdaya Amerika Serikat, beliau berkata bahwa semuanya berawal dari mimpi dan kerja keras serta doa yang tiada hentinya ke sang pencipta. Peserta talkshow tampak sangat antusias mendengarkan bait-bait cerita dari Aziz, kata-kata motivasinya mampu mengahadirkan semangat peserta yang mendengarkan. Sebuah awalan yang sangat apik untuk talkshow ini. Kemudian speaker selanjutnya adalah Saifullah Masdar, beliau banyak berbicara mengenai tips dan trik menjadi mahasiswa berprestasi salah satunya kenali potensi diri telebih dahulu, kemudian mengenali passion yang mana sangatlah penting untuk karier kedepannya, dan juga banyak bersosialisasi-lah dengan pihak birokasi. Dia bercerita dengan penuh canda dan sangat menghibur peserta tapi tak luput dari nilai-nilai moral dalam setiap penyampaiannya. Yang terakhir pada sesi ini adalah Arifuddin Jamil, pemenang trip ke USA setelah mengikuti workshop di Cambodia pada tahun 2015 lalu. Beliau sangat antusias menyampaikan pengalamannya dalam mencapai target-targetnya dan pengalaman di awal kuliahnya. Diakhir penampilannya beliau membagi informasi kepada para peserta opportunities yang dapat diikuti oleh para peserta talkshow dan platform-platform yang menyediakan event-event nasional dan international.
Selanjutnya pada sesi kedua di pimpin oleh moderator Samuel, beliau ini sangat lihai dalam membawakan acara ini, pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya begitu tepat sasaran dan sangat dramatis sehingga peserta larut dalam pembawaannya. Speakers yang hadir pada sesi ini ada lima orang, Sitti Fatimah ( Awardee Djarum Beasiswa Plus), Faiz Adhani ( Awardee Tanoto Scholarship), Ahmad Akbar ( Awarde beasiswa Rumah Kepemimpinan), Selastrio NIR ( Awardee beasiswa KSE), dan Nanda Nahdiyah ( Awardee beasiswa Bank Indonesia). Sesi ini berjalan begitu aktraktif, banyak sekali tips dan trik yang dibagikan oleh pemateri yang mampu menimbulkan semangat para peserta untuk berusaha meraih beasiswa-beasiswa tersebut. Dalam kesimpulannya beasiswa di Unhas begitu banyak, tinggal mahasiswa sendiri yang memilih untuk mendapatkannya tapi terkadang informasi mengenai beasiswa tidak tersebar merata keseluruh mahasiswa jadi beruntunglah bagi mereka yang hadir dalam talkshow kali ini, karena menjadi awardee sebuah beasiswa juga merupakan sebuah prestasi.
Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari UKM KPI Unhas dalam mengapresiasi pencapaian-pencapaian mahasiswa Unhas. Seperti yang penulis sebutkan sebelumnya bahwa kampus ini memiliki banyak mahasiswa yang berprestasi namun apresiasi yang mereka dapatkan terkesan masih minim, kurangnya publikasi terhadap pencapaian mereka adalah salah satu buktinya. Kami berpendapat bahwa publikasi yang kami maksudkan bukannya sebagai ajang untuk menyombongkan diri namun sebagai penggerak untuk mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk mengikuti langkah mereka.
Talkshow ini sekaligus sebagai ajang untuk menampilkan “Role Model” bagi mahasiswa-mahasiswa baru bahwa karena sudah memilih unhas maka tanggung jawab yang mereka emban adalah bagaimana menjadi individu yang prestatif baik bagi diri sendiri, unhas, nusa dan bangsa. Kami ingin menunjukkan bahwa “Role Model” mahasiswa yang baik dan yang diharapkan oleh Unhas adalah seperti para speakers yang hadir dalam talkshow ini.
Pada akhirnya, UKM KPI Unhas sangat berkehendak ingin menyampaikan aspirasi kepada pihak birokrat kampus bahwa, salah satu cara untuk menggerakkan budaya ilmiah adalah “Proper Publicity” kepada mereka yang telah membawa nama Unhas di berbagai event nasional maupun international. Karena mereka lah agen-agen perubahan yang mampu membawa perubahan social yang positif pada lingkungan kampus tercinta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.