Postingan

ESSAY POPULER ANNIVERSARY 7TH : SELAMAT ULANG TAHUN LEMBAGA TERCINTA, SELAMAT ULANG TAHUN UKM KPI KU. .


SELAMAT ULANG TAHUN LEMBAGA TERCINTA, 
SELAMAT ULANG TAHUN UKM KPI KU. . 
Husnul Hidayah, Fakultas Pertanian, Angkatan 5

18 April adalah hari yang paling bersejarah dan istimewa untuk UKM KPI. Dan tahun ini genap 7 tahun UKM KPI menapaki pasang surutnya dunia kelembagaan di Kampus Unhas. Ibarat manusia, usia 7 tahun adalah usia yang akan memasuki tahun ajaran baru di bangku SD. Masih panjang perjalanan yang akan dilalui dan masih perlu banyak belajar untuk menghadapi hari-hari yang akan dilalui bersama. 
Banyak cerita yang saya dapatkan sejak menjadi bagian dari UKM KPI. Pertama kali saya bergabung di  UKM KPI sejak agustus tahun 2013. Meski tidak ikut andil di awal kelahiran UKM KPI, saya tidak pernah menyesal telah menjadi bagian dari perjalanan UKM KPI. Saya masih sangat ingat tepat 3 tahun yang lalu di tenda biru pelataran baruga Unhas saat penerimaan mahasiswa baru angkatan 2013 berkumpul beberapa stand-stand UKM di kampus saat itu saya tertarik untuk mengunjungi stand UKM KPI saya disambut dengan sapaan hangat seorang senior kemudian saya mulai bertanya tentang profil UKM KPI dan agenda kegaiatan UKM KPI saya tertarik melihat begitu banyaknya prestasi-prestasi yang terlahir dari kader UKM KPI hal inilah yang membuat saya memutuskan untuk mengambil formulir pendaftaran. Saya mengikuti segala proses open recruitment mulai dari pengiriman essay, tes wawancara, kpi funday hingga pengukuhan. Saya masih sangat ingat salah satu persyaratan untuk masuk UKM KPI saat itu adalah membuat PKM 5 bidang. Sungguh saya tidak tahu apa itu PKM? Untuk apa PKM dibuat? Namun karena menjadi sebuah persyaratan mau tidak mau saya harus membuat PKM. Saya kak dian, kak kiki, dan kak itti, akhirnya kami satu tim yang dimentori oleh sosok senior yang sangat ramah kanda saifullah said. Disinilah pertemuan-pertemuan tersebut mengenalkan saya dengan PKM. Singkat cerita, Akhirnya PKM yang kami buat menerima dana hibah dari DIKTI dan lolos PIMNAS. Sungguh membuat tim kami begitu senang sekaligus bangga kami tidak menyangka bahwa PKM yang kami buat hanyalah sebuah kewajiban yang harus kami penuhi bahkan niat kami hanya untuk masuk di UKM KPI. Ternyata tuhan selalu punya rencana lain untuk kami sehingga kami berkesempatan merasakan PIMNAS. 
Tidak hanya sekedar prestasi yang ditawarkan oleh UKM KPI, tanggung jawab, komitmen, di beberapa kepanitian yang juga saya dapatkan. Saya pernah menjadi sekretaris panitia Anniversary ke 5, koordinator acara saat INOVASI dan masih banyak lagi kepanitiaan tempat saya berproses di UKM KPI. Dari kepanitiaan-kepanitiaan tersebut memberikan saya banyak pengalaman-pengalaman di kepanitiaan, mengasah kreativitas saya, semakin menguatkan silaturahmi saya kepada seluruh keluarga di UKM KPI. Bahkan lebih dari sekedar prestasi dan tanggung jawab. UKM KPI memberikan saya sebuah kehangatan persahabatan dan kekeluargaan. Manisnya persaudaraan di UKM KPI baik antara senior dan junior tidak ada sama sekali sekat angkatan di antara kami sapaan hangat layaknya seperti saudara ‘sedarah’. Saya selalu bersyukur dapat dipertemukan dengan mereka keluarga kecilku di UKM KPI dan saya selalu merasa nyaman ketika berada di Rumah Ilmiah ketika lelah dan penat dari segala rutinitas fakultas tempat yang paling indah untuk menenangkan hati dan jiwa adalah Rumah Ilmiah. Saya seperti kembali di rumah sendiri, ketika 'ibu saya' membukakan pintu, saya disambut ramah, dipersilahkan duduk, dan segera ditawarkan secangkir teh hangat. Lagi-lagi UKM KPI selalu menyentuh hati saya.
Berbicara tentang UKM KPI seperti tak ada habis-habisnya. Saya tentu sadar sejak awal UKM KPI bukan hanya sekedar lembaga yang  menawarkan prestasi tapi juga tanggung jawab kita sebagai anggota sebagai penggerak budaya ilmiah, ketika kita terlalu sibuk mencari prestasi ingatlah untuk pulang ke Rumah Ilmiah ingatlah untuk kembali menerapkan ilmu-ilmu kalian, menceritakan pengalaman-pengalaman kalian saat berlomba dan ingatlah untuk berterima kasih kepada UKM KPI. Prestasi yang di dapat oleh anggota UKM KPI memang hanyalah sebuah prestasi individu namun ingatkah tempat kita pertama kali belajar, tempat kita mengenal orang-orang hebat tentu UKM KPI adalah tempatnya. Anggap saja prestasi kalian adalah hasil dari kerja-kerja keras kita selama berproses di UKM KPI.
Hal inilah yang membuat saya semakin memiliki UKM tercinta ini. Bentuk terimakasih yang dapat saya lakukan untuk UKM KPI yaitu dengan berkontribusi aktif sebagai anggota, menjalankan amanah dan tanggung jawab sebagai pengurus, menjaga nama baik UKM KPI dan tentunya menjaga Rumah Ilmiah agar tetap kokoh berdiri di Gedung PKM Unhas. Sekali lagi suatu kehormatan bagi saya menjadi bagian dari keluarga besar UKM KPI. Selama 3 tahun saya bersama UKM KPI semoga tidak ada rasa jenuh bagi saya bahkan selalu ada rasa rindu untuk kembali ke Rumah Ilmiah. Selalu ada rindu untuk bertemu dengan keluarga kecil saya keluarga UKM KPI.
Kini 7 tahun sudah UKM KPI berkiprah di Kampus Unhas. Banyak hal yang sudah kita lalui, banyak perubahan, banyak pencapaian, banyak masukan, banyak kritikan sekaligus pujian, banyak kreasi, banyak canda, banyak tawa, dan banyak tangis pula. Kita sudah bersama-sama berjalan sampai sejauh ini. Semoga kita tetap tangguh meski harus melewati kerikil-kerikil dan tantangan yang selalu siap menghantam. Saya yakin, sebesar apapun badai itu, jika kita bersatu semuanya tak akan ada artinya.
Selamat Ulang Tahun UKM KPI jangan berhenti di angka tujuh tetapi masih ada delapan, sembilan, sepuluh dan seribu tahun lagi.
Selamat ulang tahun lembaga tercinta, selamat ulang tahun UKM KPI, saya bangga menjadi bagian dari perjalananmu.

Jaya Penalaran !
Jaya UKM KPI Unhas !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.