Postingan

ESSAY POPULER ANNIVERSARY 7TH : SAKINAH MAWADDAH WARAHMA


SAKINAH MAWADDAH WARAHMA

Asdar Samsu
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Angkatan VII (Tujuh)
      

      Keilmuwan dan Penalaran Ilmiah (KPI) adalah salah satu Lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang bertujuan mewadahi mahasiswa untuk meningkatkan semangat belajar baik berupa menulis ilmiah, kerajinan tangan ilmiah, maupun diskusi ilmiah guna meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang masing-masing.
      Lembaga ini terbentuk karena adanya semangat Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UnHas) yang ingin membangun karakter mahasiswa dengan luaran atau output yang diharapkan dapat dihasilkan individu dengan karakter MARITIM (Manusia Arif Religius Tangguh Integritas dan Mandiri). Dengan kepribadian seperti itu maka akan dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul khususnya dikalangan para mahasiswa maupun masyarakat sekitar (Jamaluddin, 2015).
      Hasil menunjukkan bahwa secara umum permasalahan yang ada dalam suatu organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Hasanuddin untuk mewujudkan karakter MARITIM terutama di KPI meliputi konflik yang terjadi didalam keluarga, tidak adanya waktu berkumpul bersama keluarga dalam menghadapi masalah internal yang ada di KPI (Miranti, 2014).
      Akan tetapi ini tidak mungkin akan terwujud mahasiswa MARITIM jika dalam satu lembaga terkhususnya KPI (Keilmuwan dan Penalaran Ilmiah) tidak ada kebersamaan atau biasa disebut dengan kekeluargaan.
      Kekeluargaan adalah kebersamaan suatu individu di mana terjaling kerja sama antara satu dengan yang lain agar mempererat atau memperkuat persaudaraan tanpa membedakan antara satu dengan yang lain.
      Untuk mempererat persaudaran atau kekeluargaan diperlukan adanya sistem Sakinah Mawadah Warahma dalam suatu lembaga terkhususnya KPI.
      Sakinah berasal dari bahasa arab yang artinya ketenangan, kedamaian, atau ketentraman. Apabila sakinah ini diterapkan dalam keluaraga atau lembaga KPI maka akan terjaling hubungan yang harmonis antara mahasiswa yang satu dengan yang lain tanpa adanya pertikaian.
      Mawaddah diambil dari bahasa arab yang artinya cinta atau persahabatan. Cinta atau persahabatan merupakan salah satu faktor pendukung mewujudkan keluarga yang harmonis dalam suatu lembaga atau organsasi untuk mewujudkan semangat kebersamaan dalam kekeluargaan.
      Warahma dalam bahasa arab yang artinya adalah simpati atau keramahan. Simpati atau keramahan apabila setiap individu memilikinya maka terwujudnya mahasiswa yang kita harapkan yaitu Mahasiswa Univeritas Hasanudddin yang berkarakter MARITIM.
       Oleh sebab itu, dengan adanya sistem Sakinah Mawaddah Warahma dalam suatu lembaga atau organisasi maka selesailah problematika yang sering terjadi dengan lembaga-lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin.


DAFTAR PUSTAKA
Jamaluddi. 2015. Sekolah Anak Bahari: Wadah Pendidikan Berbasis Maritim And Character-Edu Sebagai Salah Satu Upaya Meminimalkan Multidimensional Problem Of Children Di Kawasan Pesisir. Makassar: Universitas Hasanuddin: Makassar.
Miranti, Asih. 2014. Faktor-Faktor Pembentuk Kebahagiaan Dalam Keluarga (Konteks Budaya Jawa Dan Pengaruh Islam). Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.