Postingan

ESSAY POPULER ANNIVERSARY 7TH : RUMAH HANTU SAKSI BISU PERJUANGAN, RUMAH ILMIAH TEMPAT KEMBALI




RUMAH HANTU SAKSI BISU PERJUANGAN,
RUMAH ILMIAH TEMPAT KEMBALI

Ummi fahmi,kedokteran hewan,angkatan VII

       Unit Kegiatan Mahasiswa Keilmuan dan Penalaran Ilmiah atau yang disingkat UKM KPI adalah lembaga yang sudah 7 tahun berdiri dengan menunjukkan eksistensinya di Universitas Hasanuddin. UKM KPI telah mencetak banyak mahasiswa andalan dimasa depan bukan hanya mahasiswa yang juara di dalam kampus akan tetapi di kampus-kampus yang lain. UKM KPI merupakan wadah bagi mahasiswa Universitas Hasanuddin yang memiliki visi sebagai wadah pengembangan budaya ilmiah di kampus merah. Di usianya yang masih belia, UKM KPI senantiasa berusaha untuk menjadi organisasi yang semakin dicari masyarakat kampus. UKM KPI bukan sekadar lembaga tempat berkumpulnya mahasiswa Unhas dari berbagai fakultas, lembaga ini juga merupakan tempat bermain, berteman dan tempat  mencari jati diri di kampus tercinta ini. UKM KPI merupakan ruang konsolidasi para pecinta ilmu, para pemikir, para kontributor juga berbagai latar belakang maupun budaya yang kesemuanya makin bersinergi.
      Akan tetapi dibalik semua itu,terdapat kisah-kisah haru yang telah dilewati. Banyak lika-liku perjuangan yang dirangkaikan dengan kesabaran dan air mata yang telah dilalui para pendahulu UKM KPI sehingga saat ini dapat maju dan berkembang. Bukan hanya itu tantangan para penerus kedepannya terlihat nyata dan harus lebih keras lagi.
Para pendahulu UKM KPI adalah orang-orang yang tangguh dan pekerja keras.Mereka berjuang tanpa batas dan tanpa mengenal lelah.Semua lika-liku mereka dilalui terutama masalah sekretariat.UKM KPI satu-satunya UKM yang sekretariatnya berada diluar kampus,berbeda dengan UKM yang lain yang berada digedung PKM 1 dan 2.Tempat yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan 7 Tamalanrea Makassar ini mempunyai cerita tersendiri untuk UKM KPI. Sekretariat UKM KPI ini biasa disebut rumah hantu oleh para warga yang berada disekitar rumah tersebut.Rumah hantu adalah rumah yang berlantai 3 penampakan luarnya berwarna putih.Rumah ini merupakan rumah yang dikelilingi pagar tinggi dengan perawatan yang masih kurang,misalnya genteng yang sudah rusak,rumput liar yang tumbuh disekitar rumah serta warna cat yang sudah memudar.Akan tetapi walaupun dengan keadaan sederhana disinilah saksi bisu perjuangan para pendahulu UKM KPI.Banyak cerita yang telah dilalui ditempat ini diataranya cerita tentang kekeluargaan dan loyalitas UKM,cerita tentang pembuatan karya-karya yang luar biasa dan juga tentang cerita mistis dan misterius di rumah hantu tersebut.Akan tetapi semua itu adalah seni dari awal perjuangan para pendahulu UKM KPI.
      Setiap keadaan rumah hantu ini menggambarkan simbol tersendiri tentang UKM KPI.Diantaranya warna  cat rumah yang putih dan sudah mulai pudar ini melambangkan bahwa UKM KPI yang suci bersih masih perlu dipoles dan diwarnai dengan karya-karya,prestasi dan yang lebih penting adalah dipolesi dengan kehangatan dalam kekeluargaan para pengurus serta para anggota UKM KPI itu sendiri.Kemudian genteng yang sudah mulai rusak dan bocor melambangkan bahwa UKM KPI harus memperbaiki atap persatuan sehingga tidak dapat diadu domba oleh lembaga lain dan juga KPIers dapat menjaga rahasia UKM KPI.Kemudian rumput liar yang tumbuh memanjang di pekarangan menandakan bahwa UKM KPI harus membasmi keburukan dengan racun rumput sehingga KPIers menjadi manusia yang berhati bersih,jujur dalam kehidupan dan tidak ada lagi kemunafikan dalam hati masing – masing sehingga UKM KPI dapat menciptakan kader yang bukan hanya cerdas tapi juga sholehdan sholehah. Selanjutnya tentang cerita mistis dan misterius melambangkan masa depan UKM KPI kedepannya masih belum bisa dipastikan dan masih misterius karena segala sesuatu sudah ditentukan oleh yang maha kuasa termasuk takdir,maka dari itu KPIers harus mempunyai mimpi yang tidak terbatas,mimpi yang mampu memajukan UKM KPI sehingga hal-hal misterius itu dapat terpecahkan dimasa depan karena hanya tuhan yang maha mengetahui atas segala sesuatu.
Rumah hantu ini selain menjadi saksi bisu juga merupakan sejarah tersendiri untuk UKM KPI terutama angkatan-angkatan sebelumnya.Perjuangan yang luar biasa dapat terlihat dengan usaha para anggota yaitu bangkit dari mimpi dan mengejar kenyataan di depan mata dengan mengubah saksi bisu itu menjadi sebuah rumah ilmiah yang berada dalam gedung PKM 1.
     Rumah ilmiah sekarang merupakan simbol nyata dari perjuangan anggota UKM KPI.Semua mimpi dari UKM KPI diwujudkan satu persatu menjadi kenyataan,ini menandakan bahwa takdir dapat diubah dengan usaha dan keyakinan.
Rumah ilmiah adalah tempat kami kembali karena rumah ilmiah memberikan kehangatan yang luar bisa.Kehangatan itu tercipta melalui kekeluargaan dan loyalitas para anggota UKM KPI itu sendiri yang tertuang dalam secangkir kopi.Berbeda dengan tempat lain rumah ilmiah mempunyai ciri khas tersendiri yang mampu menciptakan kerinduan dalam hati KPIers.Kekeluargaan yang tercipta dalam rumah ilmiah menghadirkan kenyamanan dan keinginan untuk terus berada disana sehingga kekeluargaan itu bukan hanya menciptakan hubungan antara ayah dan anak,ibu dan anak tapi juga menciptakan hubungan antara kakak dan adik serta perasaan cinta diantara dua insan yang tertuang dalam canda tawa yang kemudian tercipta satu kata yang dinamakan cinta.
Rumah ilmiah merupakan tempat kami kembali disebabkan pula karena ditempat ini para KPIers mendapatkan banyak inspirasi tentang karya tulis dan mendapatkan banyak pengetahuan karena orang-orang di dalamnya menyambut dengan ramah,sehingga dalam 7 tahun dapat menciptakan prestasi yang luar biasa.Dalam 7 tahun kekurangan dan kelemahan dapat diperbaiki karena persatuan yang tercipta dari kekeluargaan dan loyalitas KPIers.Semangat itu akan selalu muncul dan tertanam didalam hati KPIers sehingga tercipta lembaga yang dapat mengembangkan budaya ilmiah dikampus merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.