Postingan

ESSAY POPULER ANNIVERSARY 7TH : KOSONG TUJUH : SEMAKIN BERSINAR, SEMAKIN BERKARYA



KOSONG TUJUH : SEMAKIN BERSINAR, SEMAKIN BERKARYA

Yunita Feby Ramadhani
Angkatan VII UKM KPI Unhas
Pendidikan Dokter Gigi

Tujuh tahun adalah bukan sebuah angka angka biasa melainkan sebuah history untuk mengukir sebuah kejayaan, prestasi, cita-cita yang dibangun bersama, suka dan duka yang dialami bersama. UKM KPI UNHAS. Selamat ulang tahun UKM tercintaku yang ke-7 tahun. Saya ibaratkan sebuah biji tanaman yang tumbuh bertebaran di antara tanah-tanah yang gembur. Bersama-sama dirawat, diberi pupuk, diberi air yang cukup, diberi pestisida untuk mengusir hama-hama yang merusaknya. Dan sekarang KPI telah menjadi tanaman yang indah dan tumbuhlah bunga yang subur nan elok. Sama halnya dengan KPI. Bersama-sama kita membangun dan menjalankan organisasi ini demi mencapai tujuan yang dicita-citakan, meraih prestasi demi sebuah kejayaan, mengharumkan nama baik KPI, membuat jejak yang bermanfaat bagi banyak orang tentunya dengan bidang menulis, diantaranya dengan melakukan riset penelitian, membuat essay populer, artikel ilmiah, abstrak, dan hal-hal yang berbau penalaran ilmiah.  
KPI UNHAS adalah sebuah organisasi yang benar-benar saya dambakan sejak memasuki kuliah di UNHAS. Sejak bergabung di KPI, saya mengenal banyak ilmu, teman yang lucu, unik, jago menulis, para juarawan, dan kakak-kakak yang bisa memotivasi adik-adiknya untuk semangat bernalar. Di KPI, saya menemukan sebuah jiwa yang benar-benar menjadi seorang scientist. Saya lebih suka membuat karya ilmiah bersama tim untuk lebih mengeksplor khususnya bidang kedokteran gigi. Selalu ada semangat yang membara sejak bergabung di KPI. Mengapa? Saat kakak-kakak dan teman-teman KPI lagi nge-post foto kemenangan lomba-lomba KTI, saya menjadi iri. Tapi, jangan salah. Ini adalah iri positif yang kujadikan sebagai semangat untuk berkontribusi dalam lomba-lomba karya ilmiah. Saya kagum, salut, dan apresiasi kakak-kakak dan teman-teman yang membawa nama baik kpi dalam setiap event lomba. Semangat yang membara tersebut kadang lenyap ibarat api yang berdiri pada sebatang lilin dan ditiup oleh angin. Tapi, kakak-kakak dan teman-teman KPI selalu menjaga bara semangat kami untuk tetap semangat dan memaksimalkan usaha dalam berkontribusi kegiatan lomba-lomba tersebut. 
KPI UNHAS adalah sumber inspirasiku. Di dalamnya, banyak orang-orang yang memiliki segudang ide, kreativitas yang luar biasa, selalu ada semangat untuk berimplementasi untuk mewujudkan suatu karya tulis ilmiah. Hal seperti ini yang benar-benar saya butuhkan. Bukan sekedar teori, tetapi implementasi. Banyak program-program kerja dari KPI UNHAS yang membuat saya untuk semangat dalam merealisasikan Tri Dharma, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian. Misalnya saja, dalam program KPI yang membuat Rumah Kompos bagian dari wujud implementasi dari sebuah karya tulis. 
Telah banyak prestasi yang telah diukir oleh UKM KPI UNHAS dan selalu mengharumkan nama universitas kita yang tercinta. Saya bangga atas prestasinya UKM KPI UNHAS. Semuanya tidak dapat kita capai tanpa dukungan dari kakak-kakak pengurus dan partisipasi teman-teman. Karena di KPI UNHAS selalu ada asa untuk mengkiprahkan nama UKM KPI UNHAS. Saya melihat semangat dari kakak-kakak pengurus dan teman-teman KPI UNHAS sangat apresiatif. Untuk mempertahankan semangat untuk berkontribusi tersebut, saya memiliki saran demi KPI kedepannya, yaitu :
1. Pengurus KPI membuat kalender lomba-lomba baik lomba essay, lomba KTIN, poster, lomba artikel ilmiah yang dapat di share kepada semua anggota KPI, sehingga semangat untuk berlomba dan menjadi juara semakin meningkat. Dengan adanya kalender lomba tersebut, anggota KPI yang berminat ikut lomba dapat mempersiapkan dirinya semaksimal mungkin.
2. Setiap ada anggota KPI yang telah juara lomba-lomba yang mengatasnamakan KPI, ada baiknya dibuatkan pamflet ucapan selamat kepada pemenang-pemenang lomba, agar pemenang dapat meningkatkan dan mempertahankan prestasinya serta anggota lain semakin membara semangatnya. Semuanya demi kebaikan bersama karena hal ini bernilai positif.
3. UKM KPI UNHAS identik dengan bidang penulisan karya ilmiah. Mungkin kedepannya KPI juga membuat program kerja untuk pelatihan desain grafis oleh corel draw, photoshop, illustrator, dan desain grafis lainnya. Bukan hanya mendukung lomba poster, tetapi banyak manfaatnya untuk membuat poster presentation dalam lomba karya tulis ilmiah. Karena bukan saja menulis yang membutuhkan kesenian, tetapi desain grafis seperti itu juga yang diperlukan.
4. Saran saya yang lain, yaitu, bagaimana kalau kakak-kakak pengurus membuat lomba Case Report yang dapat melaporkan kasus-kasus yang terbaru di masyarakat. Sehingga, ada dinamika terbaru dalam lomba-lomba yang diadakan oleh KPI khususnya bidang internal.
5. Selain itu, saya punya ide. Bagaimana kalau kakak-kakak pengurus membuat program menjadi fasilitator dalam pemuatan jurnal-jurnal yang telah dibuat oleh anggota KPI. Atau kakak-kakak pengurus dapat mendirikan Jurnal Nasional yang dibentuk oleh KPI dan khusus anggota KPI yang dapat dimuat jurnalnya. Sebagaimana Indonesia telah menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dimana dalam persaingan untuk mendapatkan beasiswa S2/S3 harus memiliki minimal 1 karya yang telah dimuat dalam jurnal. Saya yakin, peminatnya sangat banyak. Sangat menguntungkan bagi masa depan KPI dan anggota-anggotanya dengan diberi kemudahan dalam menulis sebuah jurnal dan dipublish dalam Jurnal.
Berbagai saran yang telah saya sampaikan lewat essay ini. Saya berharap ada salah satu dari saran saya, kakak-kakak pengurus mampu mewujudkannya jika kakak berkenan. Terima kasih atas ilmu yang telah KPI berikan. Terima kasih atas semangatnya yang begitu membara untuk semangat dalam BERKONTRIBUSI. Sekali lagi, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun UKM KPI UNHAS yang ke-7. Semoga KPI semakin berjaya dengan segudang prestasi. Jayalah Penalaran. Salam Ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.