Postingan

ESSAY POPULER ANNIVERSARY 7TH : CINTA DAN HARAPAN DI 7 TAHUN UKM KPI


CINTA DAN HARAPAN DI 7 TAHUN UKM KPI

Fachruqi Waris
Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
Angkatan 7

Tidak terasa UKM KPI tercinta telah memasuki tahun ke 7 dalam kiprahnya mengembangkan budaya ilmiah di kampus merah. Tidak terasa pula sudah 7 tahun UKM KPI mewadahi  mahasiswa dan mahasiswi untuk mengembangkan keilmuan dan penalarannya untuk digunakan dalam berbagai macam persoalan yang ada, serta melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat mengembangkan budaya ilmiah di kampus kita tercinta.
7 tahun bukan waktu yang singkat untuk membangun UKM ini menjadi UKM yang mampu menunjukkan eksistensi dan kontribusinya di tengah banyaknya UKM-UKM di Universitas Hasanuddin. Saya tidak akan berbicara terlalu banyak mengenai KPI di masa lalu, berhubung karena saya merupakan angkatan baru di UKM ini, maka saya akan lebih banyak menuliskan Harapan-harapan saya kepada KPI di masa mendatang.
Belum genap 1 tahun saya berada di UKM ini, namun begitu banyak manfaat yang saya dapatkan. Motivasi adalah salah satu yang banyak saya dapatkan di ukm ini. Tentunya motivasi ini tidak saya dapatkan begitu saja, namun ini ada karena dia pun ada. Dia Maksudnya disini adalah kekeluargaan. Dari sinilah muncul rasa saling memiliki sehingga timbul percakapan-percakapan yang membuat kami khusunya angkatan 7 merasa sangat disambut dan diharapkan kedatangannya untuk melanjutkan roda dan visi organisasi ini. Dari percakapan –percakapan inilah muncul motivasi dalam diri saya untuk dapat seperti mereka, yang mampu menghidupkan suasana, berbagi pengalaman, ilmu dan nilai-nilai yang membangun. Saya berharap nilai-nilai kekeluargaan seperti inilah yang harus dipertahankan dan dikembangkan di ukm kita tercinta ini.
Kekeluargaan identik dengan kebersamaan. Sudah 7 tahun ukm ini menjadi wadah untuk membersamai mahasiswa dari berbagai  latar belakang sifat dan jurusan yang berbeda-beda. Harapan kedepannya ukm ini tetap menjadi rumah ilmiah yang menjadi tempat suka dan duka dalam perjalanan menyebarkan budaya ilmiah di Universitas hasanuddin serta sebagai rumah untuk menyelesaikan masalah-masalah baik internal maupun eksternal organisasi secara ilmiah pula.
Kebersaman anggota, pengurus, alumni yang terjadi di UKM KPI bukan semata-mata karena kita memiliki minat dan bakat yang sama yaitu penalaran, namun lebih dari itu ada “cinta” yang muncul dari beberapa aktivitas dan kegiatan kepanitian yang dilakukan bersama-sama baik di rumah ilmiah maupun di luar rumah ilmiah. Sehingga harapan ketiga saya adalah semoga UKM KPI mempertahankan kebersamaan diantara para anggota, pengurus dan alumni melalui kegiatan-kegiatan sehingga “Cinta” yang ada tetap terjaga dan tidak patah ditengah perjalanan menyuarakan budaya ilmiah di universitas hasanuddin.
Harapan keempat saya adalah harapan untuk diri saya pribadi terhadap UKM ini. Loyalitas suatu kader terhadap suatu lembaga memang sangat diperlukan untuk mempertahankannya. Sebuah konsekuensi yang harus saya terima adalah ketika saya memutuskan untuk menempati suatu tempat, maka saya harus menjaganya atau bahkan mengembangkan tempat tersebut agar lebih baik lagi. Maka dari itu menurut saya salah satu kontribusi yang dapat kita berikan untuk UKM KPI adalah loyalitas kita terhadap lembaga ini.
Harapan Terakhir saya yamg mungkin mewakili semua harapan yang saya tidak sempat tuliskan di essay ini karena 10 menit lagi deadline adalah semoga UKM KPI UNHAS tetap jaya dalam menggaungkan budaya ilmiah di kampus merah dan tetap menjaga lingkar kebersamaan, kekeluargaan, loyalitas seluruh kader, sehingga Cinta terhadap UKM ini bisa abadi seiring dengan berjalannya waktu. Jaya Penalaran, Jaya UKM KPI UNHAS !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.