Postingan

ESSAY POPULER ANNIVERSARY 7TH : 7 TAHUN MEMBANGUN LOYALITAS DAN SEMANGAT KEBERSAMAAN DALAM UKM KPI UNHAS


7 TAHUN MEMBANGUN LOYALITAS DAN SEMANGAT KEBERSAMAAN DALAM  UKM KPI UNHAS

Muh.Hanif Muzakir
Fakultas Teknik
Angkatan 7

       Berawal dari perkumpulan untuk berdiskusi yang peduli akan pentingnya penalaran dan riset di Kota Makassar khususnya di Universitas Hasanuddin yang bernama  Unit Kegiatan Mahasiswa Keilmuan dan Penalaran Ilmiah Universitas Hasanuddin (UKM KPI UNHAS). Diskusi-diskusi ilmiah mulai disuarakan dikalangan mahasiswa Universitas Hasanuddin yang pada saat itu masih terfokus pada kondisi politik kampus. Geliat penulisan dan penelitian ditumbuhkan dalam hati dan pikiran mahasiswa yang tergabung dalam UKM KPI UNHAS. Kesadaran akan pentingnya penalaran dan riset ilmiah mengantarkan pendirian UKM KPI UNHAS dan cita-cita mulia itu terus diperjuangkan dan dikembangkan oleh UKM KPI UNHAS sampai saat ini. Lahir sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang diharapkan mampu memadukan empat ciri dari mahasiswa dalam sebuah pergerakan; 1.Berbasis pada kepakarannya 2.Memberikan pilihan solusi secara rasional dengan dasar kompetensinya, 3.Melakukan aksi nyata dengan karya intelektual dan berupaya masuk dalam wilayah operasional dalam sektor kehidupan pasca kampus, 4.Melakukan mobilitas vertikal berdasar kompetensi dan profesionalitasnya. Visi dari UKM KPI adalah wadah pengembangan budaya ilmiah dan Misinya yaitu menghasilkan mahasiswa yang mandiri,spesialis dan berwawasan global,mengembangkan potensi keilmuan mahasiswa dan mendorong terwujudnya Tri darma Perguruan tinggi

       Penalaran dan riset ilmiah merupakan dua fokus penting pendirian dan target UKM KPI UNHAS. Dalam bidang penalaran UKM KPI UNHAS  bertujuan membuka cakrawala mahasiswa untuk senantiasa membuka diri akan isu-isu global dan mendorong mahasiswa menambah wawasan terkait problema-problema yang dihadapi masyarakat serta mencari solusi kreatif dan inovatif yang akhirnya diterapkan dalam sistem penyelesain masalah sesuai dengan bidang yang dikaji. Sedangkan dalam bidang penelitian UKM KPI UNHAS berupaya meningkatkan analisis mahasiswa dalam menganalisa masalah-masalah yang kemudian dirumuskan untuk dicari solusinya dengan jalan penelitian dan kajian laboratorium sehinga ditemukan solusi ilmiah dalam penyelesain masalah tersebut dan dipublikasikan sebagai pengetahuan umum. Sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa, UKM KPI UNHAS pastinya berlandaskan pada Tri Dharma pergruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam merumuskan program kerjanya, UKM KPI UNHAS selalu memperhatikan dampak dan tujuan pelaksanaan program kerja. Dalam bidang pendidikan, UKM KPI UNHAS menyiapkan kelas-kelas intensif untuk pelatihan dan pengajaran untuk meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki. Selain melakukan pelatihan secara intensif UKM KPI UNHAS juga mengadakan workshop-workshop penulisan ilmiah, penulisan jurnal, pembuatan paper, essay dan kegiatan-kegiatan penalaran serta penelitian lainnya baik dengan mengundang pembicara local maupun nasional. Dalam bidang penelitian UKM KPI UNHAS  mencoba memberikan wadah dan memfasilitasi penelitian dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki. Penelitian yang dilakukan oleh UKM KPI UNHAS selain memenfaatkan fasilitas kampus, Alam dan lingkungan sekitarpun tidak luput dari project penelitian yang direncanakan. Mulai dari penelitian mangruf, penelitian lofster, penelitian pantai dan penelitian-penelitian lain yang direncanakan. Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat UKM KPI UNHAS bergerak untuk memberikan sumbangan pemikiran dan tenaga serta memberikan pelatihan-pelatihan bagi sekelompok masyarakat yang telah tergabung dalam desa pengabdian. Desa yang dibidik dalam hal ini merupakan desa yang memiliki potensi-potensi besar dalam bidang pertanian, peternakan seni dan pariwisata yang membutuhkan sentuhan pemikiran kreatif dan inovatif dalam usaha peningkatan sumber daya manusia masyarakat desa tersebut. Akhirnya, dalam usaha pencapaian visi misi dan tujuan UKM KPI UNHAS, tentu saja tidak terlepas dari dukungan semua pihak khususnya civitas akademika Universitas Hasanuddin sebagai wadah UKM KPI dalam peningkatan kinerja sebagai sebuah Unit kegiatan Mahasiswa. Selain itu solidaritas dan keaktifan semua anggota dan semua pihak dalam memberikan kritik dan saran yang membangun merupakan harapan terbesar kami dalam melaksanakan setiap program kerja.
       Itulah seluk beluk  sejarah dan profil singkat UKM KPI UNHAS. Selama 7 tahun yang telah berlalu dalam loyalitas dan kebersaaman dalam membangun UKM ini. Hal yang sangat penting dan fundamental di dalam membangun UKM KPI UNHAS  adalah LOYALITAS dan KEBERSAMAAN dari setiap anggota dan pimpinannya yang akan sangat menentukan kemajuan dan perkembangan ukm ini mengingat adanya berbagai tantangan yang seringkali dialami oleh sebuah organisasi. Tanpa adanya loyalitas dan kebersamaan, maka sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan terkadang tidak akan mampu bertahan apabila di dalamnya tidak diterapkan sikap loyal dan kebersamaan dengan baik
       Hal ini dapat dikatakan sebagai kesetiaan terhadap UKM KPI UNHAS dalam meniti perjalannya. Apabila para anggota UKM ini memiliki kesetiaan / loyalitas terhadap Organisasi ini, maka ia akan merasa memiliki kesadaran akan kewajiban untuk menggunakan semua fasilitas, kemampuan serta sumber daya yang dimilikinya demi kemajuan organisasinya. Semua itu dapat terlihat dari para anggota organisasi yang selalu menaati peraturan atau kesepakatan yang telah ditentukan baik tertulis maupun lisan. Ia akan mendukung setiap program kerja organisasi yang telah dijalankan dan akan mengerjakan bagiannya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Tentunya terkadang memerlukan pengorbanan baik secara materi maupun waktu yang seringkali tidak dapat diterima oleh mereka yang tidak memiliki kesetiaan / loyalitas terhadap organisasinya.
       Disamping loyalitas, di dalam berorganisasi juga memerlukan sebuah KEBERSAMAAN, dimana dapat diartikan sebagai semangat kesatuan, sehati, sepikir dan sepenanggungan dalam menjalankan aktivitas organisas,itulah yang terus di bangun dalam UKM KPI UNHAS. Akan tetapi terkadang di dalam melaksanakan program kerja organisasi tidak semua anggota memiliki kesamaan sistem / metode dalam mengerjakan bagiannya sehingga hal ini membuat kemajuan dan perkembangan organisasi menjadi terhambat. Keinginan-keinginan untuk memanfaatkan keadaan dan fasilitas yang dimiliki sebuah organisasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang anggota organisasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKM KPI Unhas Designed by A. Khalil Gibran Basir and Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.